You are currently viewing Pengertian Korosi Adalah ? Berikut Penyebab Jenis Dan Prosesnya
Pengertian Korosi Adalah

Pengertian Korosi Adalah ? Berikut Penyebab Jenis Dan Prosesnya

Pengertian Korosi Adalah proses penghancuran atau kemunduran bahan logam yang disebabkan karena reaksi kimia di antara logam dan lingkungan sekelilingnya.

Korosi adalah sesuatu proses yang bisa mengakibatkan penipisan, retakan, atau kerusakan yang bisa kurangi performa dan ketahanan material. Dengan bahasa setiap hari, korosi disebutkan kasustan. Contoh korosi yang paling wajar ialah kasustan besi.

Pada kejadian korosi, logam alami oksidasi, dan oksigen (udara) alami reduksi. Karat logam biasanya ialah berbentuk oksida atau karbonat. Rumus kimia karat besi ialah Fe2O3.nH2O, sesuatu zat padat yang warna coklat-merah.

Sebab Terjadinya Korosi

Dalam kejadian korosi terdapat beragam faktor sebagai pemicu pada proses pemercepatan kejadian korosi. Untuk menghambat proses pemercepatan korosi itu, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan. Untuk mengeathuinya, simak penuturannya berikut ini!

  • Kelembapan: Kedatangan air atau kelembapan di dalam lingkungan benar-benar berperanan saat memacu proses korosi.
  • Oksigen: Oksigen pada udara sering berperan pada korosi logam, khususnya besi dan baja, berbentuk karat.
  • Asam dan Basa: Lingkungan asam atau basa yang kuat bisa tingkatkan tingkat korosi dalam beberapa logam.
  • Temperatur: Temperatur tinggi bisa percepat pergerakan korosi.
  • Kontaminan: Ada senyawa-senyawa kimia tertentu, seperti garam, bisa jadi memperburuk korosi, sama seperti yang terjadi pada korosi garam di jalan raya.

Proses Berlangsungnya Korosi

Korosi atau pengkaratan adalah peristiwa kimia pada bahan- bahan logam yang pada intinya adalah reaksi logam jadi ion pada permukaan logam yang contact langsung pada lingkungan berair dan oksigen. Contoh yang umum, yakni kerusakan logam besi secara terciptanya karat oksida. Dengan begitu, korosi memunculkan beberapa kerugian.

Korosi, dikenal juga sebagai pengkaratan, ialah sesuatu proses kimia yang terjadi pada logam saat ada dalam contact langsung pada lingkungan berair dan oksigen. Contoh umum dari korosi ialah kerusakan logam besi yang mengakibatkan terciptanya karat oksida, yang mengakibatkan beragam rugi.

Korosi logam mengikutsertakan proses anodik, yakni oksidasi logam jadi ion dengan melepas elektron ke (permukaan) logam dan proses katodik yang konsumsi electron itu dengan pergerakan yang masih sama: proses katodik umumnya adalah reduksi ion hidrogen atau oksigen dari lingkungan sekelilingnya. Sebagai contoh korosi logam besi pada udara lembab, contohnya proses reaksinya bisa dipastikan seperti berikut:

Anode : 2Fe (s)→ 2Fe2+ (aq) + 4e Eo = +0,44 V
Katode : O2 (g)+ 4H+ (aq) + 4e → 2H2O (l) Eo = +0,40 V
Redoks : 2Fe (s) + O2 (g) + 4H+ (aq)→ 2Fe2+ + 2H2O (l) Eo = +0,84 V

Langkah Menghambat Korosi

Walau ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan logam alami korosi, sebetulnya proses korosi ialah proses yang bisa dihindari. Berikut langkah menghambat berlangsungnya proses korosi pada logam:

Pengecatan. Pengecatan berperan membuat perlindungan besi supaya tidak bersinggungan sama air dan udara. Beberapa macam cat yang memiliki kandungan timbal dan seng akan lebih bagus saat membuat perlindungan besi. Pastikan proses pengecatan dilaksanakan prima, janganlah sampai ada sisi yang belum tertutup oleh cat. Ini karena besi yang terlapisi cat akan terkorosi bila sisi yang tidak terlapisi cat mulai terkorosi.

Melapis logam dengan Chrome (Chromium Plating). Chrome (Cr) memberikan susunan perlindungan pada logam lewat proses elektrolisis hingga logam yang dikrom akan kelihatan berkilap. Chrome masih dapat bisa memberi pelindungan walaupun di suatu susunan chrome itu ada yang rusak. Chrome biasa dipakai untuk kendaraan motor, contohnya saja bumper atau pelek mobil.

Membuat Gabungan Logam (Stainless Steel). Gabungan pada logam yang kerap digunakan adalah stainless steel. Kombinasi dari 74% besi (Fe), 18% nikel (Ni), dan 8% chrome (Cr). Misalnya pada perlengkapan dapur atau makan yang dibuat dari stainless steel.

Kesimpulan Pengertian Korosi Adalah

Korosi ialah proses alami penghancuran atau kemunduran logam yang disebabkan karena reaksi kimia dengan beberapa unsur lingkungan seperti oksigen, air, dan senyawa kimia yang lain. Beberapa faktor seperti kelembapan, oksigen, asam dan basa, temperatur, dan kontaminan berperan dengan tingkat korosi.

Ini ialah permasalahan serius dalam beragam industri, karena dapat menghancurkan bahan logam, kurangi ketahanan mekanis, dan tingkatkan ongkos perawatan. Karena itu, sistem pelindungan seperti lapisanan berbahan anti-korosi, pemilihan logam yang tahan pada korosi, dan pengaturan lingkungan penting untuk menangani permasalahan korosi dan menjaga saat gunakan bahan logam.